Jumat, 15 April 2011

Judul Lagu Seronok, Maknanya Dalam .


Beberapa lagu hits karya Cak Diqin, memang lain dari yang lain. Bayangkan saja, judul sejumlah lagunya seperti Pentil Kecokot, Tragedi Tali Kutang, dan Penak Mlumah. Sekilas judul-judul lagunya terkesan seronok, namun menurut bos Campursari ini, judul memang menjadi triknya untuk memasarkan lagu-lagunya. ”Membuat judul memang harus bombastis, supaya menarik dan dikenal,”
Meski terkesan seronok, Cak Diqin menyelipkan makna mendalam dalam setiap karyanya itu. Dia mencontohkan lagu Tragedi Tali Kutang, sebenarnya menceritakan orang yang tidak mampu, namun jatuh cinta dengan seseorang. Lantaran ketidakmampuan itu, orang tersebut hanya sanggup memberikan perhiasan yang tidak mahal. ”Gampangnya ya diistilahkan tali kutang,” Dari sekian lagu ciptaannya, Cak Diqin mengaku sangat terkesan dengan lagu berjudul Cinta Tak Terpisahkan. Menurutnya, peminat lagu tersebut sangat banyak, dan cukup menyumbang angka royalti yang dia enggan sebutkan.
Dalam membuat lagu, Cak Diqin, mendapatkan inspirasi dari pengalaman hidupnya sehari-hari dan fenomena yang ada. ”Bukan khayalan semata, namun ada faktanya,” .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar