Jumat, 15 April 2011

Taman Edukasi nDayu Park Wahana Refreshing & Edukasi



Berwisata tak melulu hanya bersenang-senang dengan meninggalkan aspek pembelajaran. Jadi ketika Anda menikmati liburan, serasa menyelam sambil minum air.
Seperti ketika Anda mengunjungi nDayu Park Asri yang berlokasi di Gembong RT 08/ IV Saradan, Karangmalang, Sragen. nDayu Park tak sekadar tempat wisata, namun sekaligus wahana untuk belajar. Di mana menempatkan alam sebagai sumber pembelajaran.
nDayu Park ini didukung dengan fasilitas yang lumayan lengkap untuk berwisata, seperti resort, kolam renang dan meeting room. Di sini juga terdapat kebun binatang mini (mini zoo) dengan berbagai jenis hewan.
Satwa yang ditangkarkan di area seluas kurang lebih 5 hektare ini meliputi ikan patin kanguru, berbagai jenis rusa, dan unggas dari dalam dan luar negeri. Areal mini zoo ini sendiri dilengkapi dengan hamparan hutan konservasi yang dilengkapi dengan dam-dam (reservoir) penampung air hujan.
Jika dilihat lebih jauh, hutan ini diproyeksikan untuk dapat menjadi sebuah percontohan konservasi alam. Sebagai salah satu alternatif solusi berbagai bencana yang terjadi belakangan. Perlu diketahui, dua puluh tahun lalu, wilayah ini merupakan wilayah gersang yang minim akan tumbuhan. Bahkan untuk melakukan penanaman pun bisa dikatakan sulit.
Lengkap
Di sini masih ada juga wisata air seperti mendayung perahu atau rakit untuk menyusuri sungai, memancing, dan mengendarai bebek-bebek air. Bagi yang suka tantangan dapat juga mencoba ataflying fox u ber-outbond ria. Kemudian bagi memiliki hobi berkebun dapat singgah di agrowisata, green house untuk menikmati beraneka ragam tanaman organik.
Objek wisata ini memang didesain untuk memberikan edukasi pada anak mengenai pelestarian lingkungan. Jadi jangan kaget ketika di sini ada juga wisata bercocok tanam. Di mana anak-anak pun juga bisa belajar bercocok tanam. Dari mulai menanam padi sampai berbagai macam sayuran.
“Dengan begitu maka anak akan mengetahui proses menanam makanan yang mereka temui sehari-harinya. Tak hanya pada proses menanam, jika waktunya musim panen, lalu ada yang menginginkan untuk memanen, maka tak menutup kemungkinan pengunjung bisa memanennya. Bahkan pengunjung juga bisa membawa pulang hasil sayuran yang dipanennya tersebut. Selain wisata alam dan outbond, pihaknya juga menambahan fasilitas baru yaitu kuda tunggang dan bendi untuk hari Minggu dan libur supaya bisa menjadi magnet untuk mendongkrak arus pengunjung. Termasuk keberadaan water boom yang ditargetkan siap digunakan sebelum Lebaran tahun ini.
Di sini juga ada fasilitas studi. Seperti demplot-demplot riset yang terbilang cukup lengkap dengan tema back to nature-nya. Sebut saja demplot biogas dan lahan pertanian organiknya.
Untuk jam buka, nDayu Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Sedangkan untuk tarif tiket masuk untuk setiap harinya gratis kecuali pada hari Minggu dan libur nasional. Untuk tiket masuk sendiri sangat terjangkau yaitu Rp 2.000 per orang.
Sedangkan untuk tiap-tiap permainan dikenai tiket masuk, seperti kalau untuk flying fox harga tiketnya Rp 9.000 per orang, renang seharga Rp 3.000 per orang, perahu bebek seharga Rp 2.500 per orang. Sedangkan untuk kebun binatang mini Rp 2.000 per orang. Serta berbagai hiburan lain dengan harga tiket berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 10.000.
Murah, bukan? Apalagi mengingat manfaat yang didapatkan, selain belajar tentang ekosistem dan keseimbangan alam. Lagipula menjadi tempat alternatif ketika waktu harian Anda habis di depan komputer dengan pemandangan gedung-gedung dan suasana lalu lintas yang padat dan udara yang panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar